Selasa, 06 Agustus 2013


Bidang Sosial dan Budaya


            Seperti yang telah kita ketahui, bahwa pada masa sekarang sudah banyak teknologi baru yang bermunculan dan teknologi ini semakin canggih seiring dengan berjalannya waktu. Teknologi ini bermanfaat untuk mempermudah segala kebutuhan manusia di dalam kehidupannya. Hal ini dapat berdampak terhadap seluruh bidang, di antaranya bidang politik, ekonomi, sosial maupun budaya. Dalam bidang sosial dan budaya, teknologi sangat mempengaruhi kehidupan manusia. Sebagai contoh, perkembangan teknologi ini bisa mempengaruhi pola interaksi dan komunikasi yang ada di kalangan masyarakat Indonesia.
Pada saat dahulu, masyarakat Indonesia terkenal ramah dan sopan santun antara satu dengan lainnya. Dan Indonesia mempunyai budaya “makan gak makan yang penting ngumpul”. Namun seiring berjalannya waktu, perlahan budaya itu menghilang karena adanya teknologi yang canggih. Pada saat sekarang, banyak social media yang mempertemukan kita untuk sekedar berkomunikasi ataupun bertukar cerita. Bahkan kegiatan ini bisa kita lakukan ketika kita berada dalam keadaan jauh. Dan social media inipun bisa kita akses melalui handphone ataupun alat-alat media lainnya.
Semakin banyaknya social media, ini juga berpengaruh terhadap kehidupan sosial kita. Situs-situs dalam jejaring sosial ini bisa mempermudah kita untuk menambah pertemanan dalam pergaulan yaitu dengan cara berkenalan dengan orang-orang di luar lingkungan kita, tetapi ini juga dapat membuat kita jadi melampaui batas. Misalnya, apabila kita belum mengenal seseorang yang berada di facebook, kita dapat dengan mencari tahu kehidupan pribadinya sehingga kita secara otomatis akan merasa mengenal orang tersebut karena seringnya dia muncul di dunia maya tersebut.
Selain itu, munculnya social media ini bisa dimanfaatkan oleh orang yang tidak mempunyai kepentingan yang tidak bermanfaat. Contohnya, banyak kasus-kasus penipuan yang terjadi pada media Twitter, karena masyarakat terlalu mudah percaya membeli barang-barang yang dijual dengan tanpa bertemu dengan produsennya. Atau, banyaknya kasus penculikan terhadap remaja ataupun anak kecil karena mereka mempercayai orang yang dikenalnya itu sebagai orang yang baik. Agar kita tidak terpengaruh oleh dampak negatif dari teknologi ini, sebaiknya kita memakai teknologi-teknologi yang ada di sekitar kita dengan sewajarnya sesuai dengan kebutuhan kita.
IlmuPengetahuan dan teknologi adalah suatu bagian yang tak lepas dari kehidupanmanusia dari awal peradaban sampai akhir dari segala akhir kehidupan manusia.
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi terus berkembang seiring perkembangan peradabanmanusia di dunia.
Semoga dengan tersusunnya makalah ini dapat memberikan gambaran dan menambahwawasan kita tentang IPTEK serta perkembangannya dari waktu ke waktu, lebih jauhnyapenyusun berharap dengan memahami IPTEK kita semua dapat menyikapi segalakemajuan dan perkembangannya sehingga dapat berdampak positif bagi kehidupankita semua.
 
Gunamempersiapkan sumber daya manusia yang handal dalam memasuki era kesejagadan,yang salah satunya ditandai dengan sarat muatan teknologi, salah satu komponenpendidikan yang perlu dikembangkan adalah kurikulum yang berbasis pendidikanteknologi di jenjang pendidikan dasar.
Bahan kajian ini merupakan materi pembelajaran yang mengacu pada bidang-bidangilmu pengetahuan dan teknologi di mana peserta didik diberi kesempatan untukmembahas masalah teknologi dan kemasyarakatan, memahami dan menanganiproduk-produk teknologi, membuat peralatan-peralatan teknologi sederhana melaluikegiatan merancang dan membuat, dan memahami teknologi dan lingkungan.





Kemampuan-kemampuan seperti memecahkan masalah, berpikir secara alternatif,menilai sendiri hasil karyanya dapat dibelajarkan melalui pendidikan teknologi.Untuk itu, maka pembelajaran pendidikan teknologi perlu didasarkan pada empatpilar proses pembelajaran, yaitu: learning to know, learning to do, learning tobe, dan learning to live together.
Untuk melengkapi kecerdasan iptek para pelajar, diperlukan pula penyelarasanpengajaran iptek dengan pengajaran imtaq. Sehingga terbentuklah manusia-manusiacerdas dan bermoral yang dapat menghasilkan berbagai teknologi yang bermanfaatbagi umat manusia
Bagi masyarakat sekarang, iptek sudah merupakan suatu religion. Pengembanganiptek dianggap sebagai solusi dari permasalahan yang ada. Sementara orangbahkan memuja iptek sebagai liberator yang akan membebaskan mereka darikungkungan kefanaan dunia. Iptek diyakini akan memberi umat manusia kesehatan,kebahagian dan imortalitas.
Sumbangan iptek terhadap peradaban dan kesejahteraan manusia tidaklah dapatdipungkiri. Namun manusia tidak bisa pula menipu diri akan kenyataan bahwaiptek mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan bagi manusia. Dalam peradabanmodern yang muda, terlalu sering manusia terhenyak oleh disilusi dari dampaknegatif iptek terhadap kehidupan umat manusia

Tidak ada komentar: